Tradisi Jelang Ramadhan, Warga Bojonegoro Kupatan

Bojonegoro (Media Center) – Sebagian masyarakat Bojonegoro Jawa Timur, hari ini (11/6/2014) melaksanakan kupatan, yakni tradisi yang biasa dilakukan menjelang datangnya bulan suci ramadhan.
Setidaknya hal itu dilakukan oleh Inul, warga Desa Pekuwon, Kecamatan Sumberrejo. “Nanti ba’da isya’ ketupat ini dibawa ke langgar,” jelasnya. Inul mengaku telah melakukan tradisi ini sejak lama, maka tak heran bila dirinya masih lincah menganyam lembaran-lembaran daun kelapa menjadi wadah untuk membuat ketupat.

Menurutnya, bahan membuat ketupat ini masih bisa dijumpai di pasar-pasar. “Di pasar harga daun ketupat adalah Rp 400 per batangnya, tapi ada juga yang menjual jadi,” jelasnya.

Biasanya, ketupat disajikan bersama dengan sayur lodeh berkuah pedas, dengan lauk pelengkap berupa ikan bakar. “Lodehnya pakai kluwih, yang dimasuki dengan ikan pe panggang,” pungkasnya.

Sementara itu, tradisi yang biasa dilakukan saat Nisfu Sya’ban ini, di wilayah lain baru dilakukan pada hari Rabu (12/6/2014) besok. Seperti yang dilakukan warga Kota Bojonegoro dan di bagian barat, namun sejumlah pernak-pernik dan aktifitasnya telah tampak.

Di Pasar Kota, pedagang ketupat kosongan juga mulai marak, tak hanya itu, sejumlah komoditi pasar yang biasanya menjadi pendamping tradisi kupatanpun mulai meroket. “Yang paling menonjul adalah harga terong, biasanya hanya Rp 2.000 per 10 bijinya, sekarang mencapai Rp 1.500 per bijinya,” jelas Wati, warga kota yang hendak melaksanakan tradisi kupatan. (*/mcb)

sumber ; kanalbojonegoro.com
Title : Tradisi Jelang Ramadhan, Warga Bojonegoro Kupatan
Description : Bojonegoro (Media Center) – Sebagian masyarakat Bojonegoro Jawa Timur, hari ini (11/6/2014) melaksanakan kupatan, yakni tradisi yang bi...

0 Response to "Tradisi Jelang Ramadhan, Warga Bojonegoro Kupatan"

Posting Komentar

Sekertariat

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)
Alamat : Jl. Jogoleksono
Telp : 085257655555
Twitter : @KimBahanaWarta
Email : desasidobandung@gmail.com

Informasi

Pingen Agar Tidak Ketinggalan Informasi Desa-Desa, Masukkan Alamat Email Anda Di Bawah Ini Untuk Berlanganan Informasi