Meriahnya Lomba Panjat Pinang Gaya Pesantren

blokBojonegoro.com - Dalam rangka menyongsong bulan suci Ramadan dan haflah akhirussanah, santri Pondok Pesantren (Ponpes) Bani Abdul Qodir Munada Bringan, Desa Ngraho, Kecamatan Gayam, mengadakan lomba panjat pinang. Acara tersebut digelar di halaman masjid setempat, Jumat (13/6/2014) malam.

Lomba panjat pinang berlangsung sangat meriah. Puluhan warga setempat juga antusias menyaksikan lomba. Tak jarang mereka bersorak menyemangati peserta yang memanjat pohon bambu setinggi sekitar 7 meter yang dibalut dengan oli dan stempet. Sementara hadiah yang dipajang di atas bambu yang licin itu di antaranya handphone, al-Quran, buku, alat tulis, sajadah, peci, sarung, ayam kampung, mi instan, kopi, beras dan gula.

Menurut ketua panitia, Ali Zainal Abidin, kegiatan ini dilaksanakan sebagai hiburan santri menjelang akhir tahun ajaran. Ia juga mengaku bahwa lomba panjat pinang ini baru pertama kali digelar. "Tujuan utamanya untuk menghibur para santri. Selain itu juga ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat karena kami mengaji juga berada di sekeliling mereka," katanya.

"Sistem lomba ini sedikit berbeda degan panjat pinang pada umumnya, karena yang sampai di atas terlebih dahulu tidak diperbolehkan membawa semua hadiah, melainkan harus mengambil satu kupon agar peserta lain tetap mendapat hadiah yang dipasang itu," imbuh pria yang akrab disapa Yik Ali itu.

Ia berharap lomba panjat pinang gaya pesantren ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat pada umumnya dan para santri pada khusunya. Lomba dengan skala lebih meriah dan besar juga direncanakan pada even-even berikutnya. "Kami juga ucapkan terima kasih karena kegiatan ini tidak akan bisa berjalan lacar tanpa adanya dukungan dari masyarakat dan pemuda sekitar," pungkasnya. [oni/yud]
Acara yang digelar pada pukul 20.15 WIB ini diikuti sekitar 60 santri yang terbagi dalam 15 grup. Dalam masing-masing grup itu diisi empat orang. Dua grup di antaranya adalah remaja kampung Bringan.

sumber : blokbojonegoro.com
Title : Meriahnya Lomba Panjat Pinang Gaya Pesantren
Description : blokBojonegoro.com - Dalam rangka menyongsong bulan suci Ramadan dan haflah akhirussanah, santri Pondok Pesantren (Ponpes) Bani Abdul Qod...

0 Response to "Meriahnya Lomba Panjat Pinang Gaya Pesantren"

Posting Komentar

Sekertariat

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)
Alamat : Jl. Jogoleksono
Telp : 085257655555
Twitter : @KimBahanaWarta
Email : desasidobandung@gmail.com

Informasi

Pingen Agar Tidak Ketinggalan Informasi Desa-Desa, Masukkan Alamat Email Anda Di Bawah Ini Untuk Berlanganan Informasi