Desa Sidobandung Cocok untuk Budidaya Ikan Lele

Kim Bahana Warta - Desa Sidobandung yang relatif panas ternyata cocok dimanfaatkan sebagai tempat pembudidayaan perikanan.

"Salah satunya adalah budidaya ikan lele. Cuaca panas akan membuat ikan lele cepat tumbuh," kata Sidank S.Pd, salah satu pembudidaya lele.

Dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, budidaya lele relatif mudah dan mampu mengurangi berisiko terjadinya kegagalan. Ia pun menyebut, sektor ini tetap akan prospek di masa mendatang.

"Sektor agribisnis adalah sektor yang akan menjadi trend setter 5-10 tahun mendatang karena setiap orang butuh makan dan setiap hari jumlah penghuni bumi selalu bertambah," katanya.

Menurut Sidank, kolam ukuran sedang 4 x 8 meterpersegi dapat digunakan untuk membudidayakan 5.000 ekor lele. Pakan rutinnya wujud pelet buatan pabrik. Ia banyak membeli bibit lele di Sepat, Sukosewu. 

Hasil lele budidayanya antara lain diambil pemilik warung makan dan pedagang lele di beberapa pasar. Semua dibeli dalam keadaan masih hidup dengan jumlah total bervariasi antara 20 sampai 100 kilogram. Sedangkan pemilik warung tenda pecel lele biasa memesan antara 10 sampai 20 kilogram. Rata-rata satu kilogramnya berisi antara 7 sampai 10 ekor lele.(byu)


Title : Desa Sidobandung Cocok untuk Budidaya Ikan Lele
Description : Kim Bahana Warta - Desa Sidobandung yang relatif panas ternyata cocok dimanfaatkan sebagai tempat pembudidayaan perikanan. "Salah sa...

2 Responses to "Desa Sidobandung Cocok untuk Budidaya Ikan Lele"

  1. langkah tepat untuk Bojonegoro lebih maju dalam bidang Ekonomi..

    BalasHapus
  2. pengen ikut belajar budidaya lele

    BalasHapus

Sekertariat

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)
Alamat : Jl. Jogoleksono
Telp : 085257655555
Twitter : @KimBahanaWarta
Email : desasidobandung@gmail.com

Informasi

Pingen Agar Tidak Ketinggalan Informasi Desa-Desa, Masukkan Alamat Email Anda Di Bawah Ini Untuk Berlanganan Informasi